Posted by: johansite | February 12, 2009

Perkembangan Netbook dan Notebook

Dalam perkembangan Teknologi Informasi ini kelengkapan perangkat memang menjadi hal yang vital untuk lebih maksimal dalam memaksimalkan potensi kita dalam Teknologi itu sendiri.Belakangan berkembang sebuah terobosan yang terbilang sudah lama tetapi masih cukup membuat khalayak ramai penasaran,yaitu dengan dikeluarkannya Netbook.Awalnya orang hanya berpandangan bahwa Notebook merupakan perangkat yang ringkas dan dapat menunjang pekerjaan yang mengharuskan memakai perangkat komputer baik indoor maupun outdoor.Memakai notebook serasa membawa kantor di dalam tas koper kemanapun tujuan anda.

Tetapi sekarang ada teknologi yang lebih ringkas,meskipun diadaptasi dari Notebook,yaitu Netbook.Hal yang membedakan Notebook dan Netbook adalah Spec yang terkandung didalamnya.Sebagian besar Netbook tidak dilengkapi fasilitas optical drive seperti Notebook pada umumnya dan spesifikasi Netbook lebih sedikit rendah dibandingkan Notebook.Beberapa alasan Netbook berkembang:

1. Netbook mudah dibawa dan ringkas daripada Notebook.Rata – rata ukuran Netbook adalah 9 inchi (seukuran buku tulis kecil).

2. Kompensasi ringkasnya adalah Netbook menjadi sangat ringan,sehingga pengguna tidak perlu dibebani seperti halnya membawa Notebook yang beratnya mencapai 2kg (berat Netbook rata – rata dibawah 1 kg)

3. Tidak memerlukan space yang lebar ketika anda mengoperasikannya,karena hanya memounyai lebar 9 inchi saja.

4. Harga lah yang membuat Netbook laris.Di pasaran harga Netbook rata – rata berkisar 4 jutaan,lebih murah dibandingkan dengan Notebook.

Adapun poin diatas di imbangi dengan kekurangan Netbook dibandingkan dengan Notebook,yaitu:

1. Spesifikasi yan rendah dibandingkan dengan Notebook membuat Netbook tidak bisa melakukan pekerjaan yang terlalu berat dan sebagian besar hanya cocok digunakan untuk pengoperasian office serta surfing di dunia maya.

2. Tidak adanya optical dirve membuat pegguna kerepotan jika akan membakar DVD / CD.

3. Kapasitas baterai yang tentunya masih kalah dibandingkan dengan Notebook.

4. Sistem operasi Netbook sebagian besar masih menggunakan open source linux yang diindonesia sebagian besar penggunanya masih awam dengan linux.

Sudah dijelaskan sekilas tentang Netbook.Sekarang apakah anda akan memilih Netbook atau Notebook tergantung selera anda.

Diambil dari: http://www.google.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: